Sinambela, Haidayati (2016) PENGARUH AKTUALISASI DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 1 PALIPI KABUPATEN SAMOSIR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141016 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 7121141016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 7121141016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM 7121141016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. 7121141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
6. NIM 7121141016 TABLES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7 NIM 7121141016 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
8. NIM 7121141016 APPENDINCES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 7121141016 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13. NIM 7121141016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM 7121141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Aktualisasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi, (2) pengaruh Motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi, (3) pengaruh Aktualisasi diri dan Motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi yang berjumlah 74 siswa. Pengumpulan data Aktualisasi diri dan Motivasi berprestasi dilakukan dengan angket, untuk prestasi belajar menggunakan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 74 siswa kelas XI IPS SMA Swasta Santo Mikhael Pangururan. Uji validitas dilakukan dan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh antara aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar secara parsial digunakan uji t dan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar digunakan teknik analisis regresi linear berganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1)Ada pengaruh positif dan signifikan variabel Aktualisasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi T.P 2015/2016. Dimana yaitu 2,634 >1.666 dengan taraf signifikan 0,05 (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan Motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi. Dimana yaitu 2,273>1.666 dengan taraf signifikan 0,05. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi T.P 2015/2016. Dimana (26,689>3,12) dengan nilai signifikan <0,005(0,000<0,005). Maka berdasarkan kriteria pengujian secara parsial dapat disimpulkan Diterima, sehingga bisa disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 074 |
Keywords: | Aktualisasi diri; Motivasi berprestasi; Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 04:05 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20359 |