Tanjung, Dwi Wulandari (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA PAB 6 HELVETIA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 7123141034 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2 NIM 7123141034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
4 NIM 7123141034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3 NIM 7123141034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5 NIM 7123141034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6 NIM 7123141034 TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7 NIM 7123141034 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8 NIM 7123141034 APENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9 NIM 7123141034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13 NIM 7123141034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14 NIM 7123141034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang lebih tinggi hasil belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) yang dikolaborasikan dengan strategi pembelajaran learning start with a question dibanding hasil belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA PAB 6 Helvetia T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA PAB 6 Helvetia yang beralamat di Jl. Pasar 4 Helvetia, Deli Serdang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 43 orang. Sehingga semua populasi dijadikan sampel. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 21 orang. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, varians dan standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas data dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas ekperimen, rata-rata pre-test sebesar 53,86, standar deviasi = 10,8 dan post-test sebesar 81,36, standar deviasi 9,9, sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata pre-test sebesar 50,23, standar deviasi = 12,6 dan post-test sebesar 64,76, standar deviasi = 10,9. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,226>1,7 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang lebih tinggi secara positif dan signifikan hasil belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) yang dikolaborasikan dengan strategi pembelajaran learning start with a question dibanding hasil belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA PAB 6 Helvetia T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 095 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 07:48 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20325 |