Mahyuliza (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIASI MOTIVASI BELAJAR DI SMA N 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 7121141028 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2 NIM 7121141028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
4 NIM 7121141028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3 NIM 7121141028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5 NIM 7121141028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6 NIM 7121141028 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7 NIM 7121141028 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8 NIM 7121141028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9 NIM 7121141028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
13 NIM 7121141028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
14 NIM 7121141028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan media internet, motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dan melalui mediasi motivasi belajar siswa di SMA N 7 Medan tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media internet, motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dan melalui mediasi motivasi belajar di SMA N 7 Medan tahun pelajaran 2015/2016 dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA N 7 Medan yang berjumlah 160 siswa dan cara pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik Random Sampling dan rumus pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh jumlah sampel yang diambil sebanyak 114 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media internet terhadap prestasi belajar siswa melalui mediasi motivasi belajar adalah analisis regresi variabel mediasi dengan metode kausal step.
Hasil analisis data yang diperoleh untuk pengaruh penggunaan media internet terhadap prestasi belajar memiliki Unstandardized Coefficient sebesar 0,514 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,00 < 0,05, pengaruh penggunaan media internet terhadap motivasi belajar memiliki Unstandardized Coefficient sebesar 0,56 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,00 < 0,05, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar memiliki Unstandardized Coefficient sebesar 0,813 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,00 < 0,05, dan hasil untuk pengaruh media internet terhadap prestasi belajar melalui mediasi motivasi belajar memiliki Unstandardized Coefficient sebesar 0,057 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,357 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Dan setelah memasukkan variabel motivasi belajar, pengaruh penggunaan media internet terhadap prestasi belajar dari c = 0,514 menurun menjadi c’ = 0,357 atau c’ ≠ 0.
Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh penggunaan media internet terhadap prestasi belajar siswa melalui mediasi motivasi belajar di SMA N 7 Medan tahun pelajaran 2015/2016. Dan motivasi belajar dinyatakan sebagai mediasi parsial, karena pengaruh penggunaan media internet terhadap prestasi belajar menjadi tetap signifikan setelah memasukkan variabel motivasi belajar ke dalam persamaan regresi tetapi mengalami penurunan koefisien regresi atau dengan kata lain mediasi motivasi belajar tidak terlalu memberikan kontribusi yang besar pada pengaruh penggunaan media internet terhadap prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 082 |
Keywords: | Media Internet; Motivasi Belajar; Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 07:43 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20324 |