Tarigan, Irvan Arganata (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA YP PEMBANGUNAN GALANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341051 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 7123341051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
4. NIM. 7123341051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3. NIM. 7123341051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
5. NIM. 7123341051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 7123341051 TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM. 7123341051 ILLUSTRASION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 7123341051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 7123341051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
13. NIM. 7123341051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
14. NIM. 7123341051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Motivasi terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Kelas X SMA YP Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2015/2016, 2) Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Kelas X SMA YP Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2015/2016, 3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Kelas X SMA YP Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Y.P Pembangunan Galang jalan Petani Lingkungan VII Galang. Populasi dan sample dalam penelitian adalah sebanyak 53 siswa yang tersebar dalam 2 kelas dimana kelas X-A terdiri dari 26 siswa dan kelas X-B terdiri dari 27 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. jenis penelitian ini adalah penelitian Expost Facto dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan angket/kuesioner.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel ( 5,897 > 1,676) dan variabel dukungan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (7,411 > 1,676). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa motivasi belajar dan dukungan orang tua secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (54,537 > 3,19). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,686 yang artinya motivasi belajar dan dukungan orang tua sebesar 68,6% dapat menjelaskan prestasi belajar ekonomi dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan dan motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas X SMA YP Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 111 |
Keywords: | Motivasi; Dukungan Orang Tua; Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 07:39 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20323 |