Simbolon, Miseri Cordias Domini (2016) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMAN 1 KOTARIH T.P 2015/2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141037 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM 7121141037 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
4. NIM 7121141037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. NIM 7121141037 PERFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM 7121141037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7121141037 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 7121141037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM 7121141037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
12. NIM 7121141037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM 7121141037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan 1) lingkungan belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Kotarih , 2) hubungan minat belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Kotarih, 3)hubungan lingkungan belajar dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN 1 kotarih. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post Facto dengan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi. Uji Coba Instrumen penelitian dilakukan terhadap 20 siswa kelas X SMA Negeri 1 Serbajadi. Responden penelitian menggunakan teknik Random Sampling berjumlah 60 siswa SMA Negeri 1 Kotarih SMA Negeri 1 Kotarih T.P 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi.
Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis serta pembahasan dapat disimpulkan: (1)”Ada hubungan yang positif lingkungan belajar dengan prestasi belajar Ekonomi kelas X SMAN 1 Kotarih” hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,824 > 0,444, (2)”Ada hubungan yang positif minat belajar dengan prestasi belajar Ekonomi kelas X SMAN 1 Kotarih” hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan dan diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,851 > 0,444, (3)” Ada hubungan yang positif lingkungan belajar dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Kotarih”, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan dan diperoleh fhitung > ftabel (132,308 > 3,15) dan nilai signifikan < α (0,000b < 0,005), yang berarti Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara variabel lingkungan belajar ( X1), dan minat belajar ( X2) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y).
Setelah data diperoleh maka pengolahan data menggunakan Korelasi melalui program aplikasi SPSS 20, diperoleh nilai koefisien Korelasi Lingkungan belajar sebesar 0,398, koefisien korelasi minat belajar sebesar 0,074 dan konstanta korelasi sebesar 41,381. Koefisien korelasi di atas menunjukan arah hubungan masing-masing variabel indevenden terhadap variabel dependen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 098 |
Keywords: | Lingkungan Belajar; Minat Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 07:35 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20322 |