Simanjuntak, Devi Elvinna (2016) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SWASTA ST.THOMAS 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1- NIM-7123141029-COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2- NIM- 7123141029 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4-NIM-712141029-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3-NIM-7123141029-PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5-NIM-7123141029-TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6-NIM-7123141029-TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7-NIM-7123141029-ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8-NIM-7123141029-APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9-NIM-71231429-CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
13-NIIM-7123141029-CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
14-NIM-7123141029-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data melalui observasi, penyebaran angket dan DKN (Daftar Kumpulan Nilai) yang diperoleh dari sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 67 orang. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 67 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dari setiap kelas dilakukan dengan menggunakan sistem total sampling.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dan uji koefisien determinasi (R2). Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai koefisien regresi untuk variabel perhatian orang tua adalah 0,187 dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar dihitung berdasarkan regresi yang diperoleh yaitu 0,444 artinya jika perhatian orang tua dan kompetensi profesional guru meningkat sebesar satu satuan maka prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016 akan bertambah sebesar 0,187 dan 0,444. Selain itu, hasil yang diperoleh dari uji koefisien determinasi adalah 0,650 atau 65% artinya variabel perhatian orang tua dan kompetensi guru memiliki pengaruh 65% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan uji t. Dari hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh untuk variabel perhatian orang tua adalah ttabel pada taraf signifikan 95% atau α = 5% untuk dk 67 adalah 1,668 dan diperoleh thitung sebesar 1,881. Hal ini menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh > ttabel yaitu 1,881 >1,668 .
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan kompetensi guru dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 103 |
Keywords: | Perhatian Orang Tua; Kompetensi Guru;Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 07:31 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20321 |