Simanihuruk, Darto P (2016) HUBUNGAN KREATIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PANGURURAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141024 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM. 7123141024 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (20MB) | Preview
4. NIM. 7123141024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. NIM. 7123141024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM. 7123141024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM. 7123141024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 7123141024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 7123141024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 7123141024 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
13. NIM. 7123141024 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM. 7123141024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada hubungan
kreativitas belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa, 2) apakah ada hubungan
kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa, 3)apakah ada
hubungan krestivitas belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar
ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pangururan T.P 2015/2016. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan krestivitas belajar dan kemandirian belajar
dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pangururan T.P
2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2
Pangururan yang berjumlah 199 siswa. Dan sampel yang diambil secara acak
dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 50 siswa dan teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas angket diuji
dengan rumus Product Moment sedangkan reliabilitas angket diuji dengan
menggunakann rumus alpha. Untuk menguji hipotesis 1 dan 2 digunakan uji t
sedangkan untuk menguji hipotesis 3 digunakan uji f. serta menggunakan
koefisien korelasi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang positif dan
signifikan antara kreativitas belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa dengan
nilai atau 2,607 > 2,009. 2) ada hubungan yang positif dan
signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa
dengan nilai atau 4,423 > 2,009. 3) ada hubungan kreativitas
belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X
SMA Negeri 2 Pangururan T.P 2015/2016 dengan nilai atau
20,289 > 3,20.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan
signifikan antara kreativitas belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi
belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pangururan Tahun Pelajaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 080 |
Keywords: | Kreativitas Belajar; Kemandirian Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 02:59 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20291 |