Harahap, Emmi Yusnidar (2016) PENERAPAN SUPERVISI KELOMPOK TEKNIK LOKAKARYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SMAN 1 HURAGI – KAB. PADANG LAWAS. Masters thesis, UNIMED.
1. Emmi yusnidar harahap NIM. 8146132037 Cover.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. Emmi yusnidar harahap NIM. 8146132037 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (787kB) | Preview
3. Emmi yusnidar harahap NIM. 8146132037 Abstrak.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. Emmi yusnidar harahap NIM. 8146132037 Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
5. Emmi yusnidar harahap NIM. 8146132037 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
6. Emmi yusnidar harahap NIM. 8146132037 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. Emmi yusnidar harahap NIM. 8146132037 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. Emmi yusnidar harahap NIM. 8146132037 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. Emmi yusnidar harahap NIM. 8146132037 BAB 1.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
13. Emmi yusnidar harahap NIM. 8146132037 BAB 5.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. Emmi yusnidar harahap NIM. 8146132037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran rumpun IPA dalam menggunakan media pembelajaran berbasis TIK di SMAN 1 Huragi – Kab. Padang Lawas melalui penerapan supervisi kelompok teknik lokakarya. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah : kompetensi pedagogik guru mata pelajaran rumpun IPA menggunakan media pembelajaran berbasis TIK dapat ditingkatkan dengan menerapkan supervisi kelompok teknik lokakarya di SMAN 1 Huragi – Kab. Padang Lawas. Waktu penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, yaitu mulai bulan Maret sampai dengan Mei 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pengawas dan 6 orang guru mata pelajaran rumpun IPA. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), yang bekerjasama antara peneliti, kepala sekolah dan guru mata pelajaran rumpun IPA dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru menggunakan media pembelajaran berbasis TIK melalui penerapan supervisi kelompok teknik lokakarya. Peneliti menggunakan model penelitian Kurt Lewin yang dirancang dengan proses siklus. Prosedur ini mencakup tahap-tahap: (1) planning (perencanaan), (2) acting (pelaksanaan), (3) observing (observasi) dan (4) reflecting (refleksi). Hasil yang diambil yaitu berdasarkan hasil pada siklus I, diperoleh sebesar 69% supervisor melaksanakan supervisi kelompok teknik lokakarya, 70% guru melaksanakan atau mengikuti supervisi kelompok teknik lokakarya dan 71% guru berhasil membuat dan menggunakan media pembela-jaran berbasis TIK. Untuk nilai keseluruhan pada siklus I diperoleh sebesar 70% dalam kategori cukup. Sedangkan berdasarkan pada hasil siklus II, diperoleh sebesar 86% supervisor melaksanakan supervisi kelompok teknik lokakarya, 85% guru melaksanakan atau mengikuti supervisi kelompok teknik lokakarya dan 82% guru berhasil membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Untuk nilai keseluruhan pada siklus II diperoleh sebesar 84% dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Har p |
Keywords: | Supervisi kelompok; Media pembelajaran; Supervisi pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 08:53 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20286 |