Lesatari, Ika Ayu (2016) ANALISIS KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 12 BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3121131004 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 3121131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. NIM. 3121131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
3. NIM. 3121131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 3121131004 PERNYATAAN KEASLIAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 3121131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7. NIM. 3121131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3121131004 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 3121131004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM. 3121131004 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM. 3121131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru IPS dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 12 Binjai.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Binjai dengan jumlah populasi sebanyak 8 orang dan sekaligus menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan komunikasi langsung melalui wawancara dan observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPS Terpadu yaitu dalam menjabarkan materi dan menyesuaikan sumber belajar dalam mengajarkan IPS Terpadu. Dilihat dari pengalaman mengajar bahwa hampir semua guru IPS di SMP Negeri 12 Binjai mengalami kendala dalam mengajarkan IPS Terpadu. Setiap kendala tersebut tidak hanya dialami oleh guru yang pengalaman mengajarnya sedikit, tetapi juga dialami oleh guru yang pengalaman mengajarnya lebih lama. Latar belakang pendidikan ternyata sangat mempengaruhi kegiatan mengembangkan pembelajaran, karena guru dengan latar belakang pendidikan geografi, ekonomi dan sejarah hampir (100%) mengalami kendala pada materi-materi pelajaran yang bukan berasal dari latar belakang pendidikan guru-guru tersebut.
Pada penilaian APKG I hanya 37,5% (3 guru) yang sesuai dengan desain RPP IPS Terpadu yaitu guru yang berlatar belakang pendidikan Geografi dan Ekonomi. Pada penilaian APKG II ada 3 (62,5%) guru yang termasuk kedalam kategori cukup dan 2 (25%) termasuk kedalam kategori kurang dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS Terpadu dan ada 12,5% (1 guru) yang tergolong baik yaitu guru yang berlatar belakang pendidikan Geografi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 075 |
Keywords: | Pembelajaran;Mengajar;Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 03:25 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20190 |