Sinaga, Nora Santi (2016) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER KELAS XI IPS SMA BUDI MURNI 2 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 3123331036_COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
02. NIM. 3123331036_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
04. NIM. 3123331036_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
03. NIM. 3123331036_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
05. NIM. 3123331036_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
06. NIM. 3123331036_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
07. NIM. 3123331036_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM. 3123331036_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. NIM. 3123331036_BAB I.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
14.NIM. 3123331036_BAB VI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
15. NIM. 3123331036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam mengadakan variasi mengajar terhadap hasil belajar siswa pada materi biosfer kelas XI-IPS di SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Budi Murni 2 Medan, Jalan Kapiten Purba No. 1 Simalingkar Medan, Kecamatan Medan Tuntungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 46 siswa (Simple Random Sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, lembar observasi dan pos test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitif, dengan mentabulasikan data yang didapat dalam bentuk tabel.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru mengadakan variasi mengajar pada materi biosfer di SMA Swasta Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari tabulasi jawaban angket siswa serta didukung dengan lembar observasi peneliti. (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Swasta Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 sudah dapat dikategorikan baik dengan nilai rata-rata sebesar 73,35. (3) Dari hasil perhitungan statistik uji t untuk menguji hipotesis, diperoleh thitung adalah 5,118 sedangkan ttabel menunjukkan bahwa N = 46 dengan taraf kepercayaan 95% dan α = 5% diperoleh ttabel = 2.015. Dari hasil konsultasi diketahui bahwa bahwa thitung > ttabel (5,118 > 2.015).
Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Biosfer Kelas XI IPS Di SMA Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 133 |
Keywords: | keterampilan Guru;Mengajar;Media |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 02:55 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20183 |