Tarigan, Imaduddin (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS XI SMA ISTIQLAL DELI TUA. Masters thesis, UNIMED.
01 8146121020 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
02 Lembar Pengesahan+Persetujuan+plagiat.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03 8146121020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
04 8146121020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
05 8146121020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
06 8146121020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
07 8146121020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
08 8146121020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
09 8146121020 BAB I.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
13 8146121020 BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14 8146121020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar PAI siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran peta konsep dan hasil belajar PAI siswa
yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar PAI siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi dan hasil belajar PAI siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar PAI. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Istiqlal Deli Tua. Populasi Penelitian adalah (131 orang) dan sampelnya (69 orang) yaitu kelas XI-1 SMA istiqlal Deli Tua ditetapkan strategi pembelajaran peta konsep dan kelas XI-2 SMA
Istiqlal Deli Tua ditetapkan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling. Hipotesis penelitian diuji
dengan menggunakan Anava dua jalur desain faktorial 2x2 (Two Way Anava 2x2) dengan taraf signifikansi α = 0.05, yang sebelumnya dilakukan dulu uji persyaratan analisis data yaitu Uji Normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett dan uji Fisher. Uji lanjut dengan menggunakan uji Scheffe. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) hasil belajar PAI siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PAI siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori pada
taraf signifikansi α = 0.05. sebesar 67.33 dan untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan sebesar 3.99 (2) hasil belajar siswa yang memiliki
kemampuan berpikir logis tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PAI.siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah pada taraf signifikansi α = 0.05. sebesar 34.59 dan untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan sebesar 3.99 dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan
berpikir logis terhadap hasil belajar PAI siswa pada taraf signifikansi α = 0.05. sebesar 25.21 dan untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan sebesar 3.99. Implementasinya adalah strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa. Oleh karena itu guru PAI disarankan untuk menggunakan strategi pembelajaran peta konsep supaya memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.84 Tar p |
Keywords: | Hakikat belajar; Hasil belajar; PAI; Strategi pembelajaran; Bepikir logis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 02:37 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20174 |