Berlim (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR AGAMA BUDDHA PADA SISWA SMA SWASTA DI SUNGGAL – MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh berubahnya paradigma baru di dunia pendidikan yang berorientasi pada siswa, hasil belajar siswa yang belum sesuai dengan keinginan guru hanya sebatas Kriteria Ketuntasan Minimal serta adanya pelaksanaan Kurikulum 2013 pada sekolah percobaan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar Pendidikan Agama Buddha (PAB) siswa dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada hasil belajar PAB siswa yang dibelajarkan dengan strategi diskoveri, (2) Hasil belajar PAB siswa perempuan lebih tinggi dari pada hasil belajar PAB siswa yang Laki-laki, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis kelamin siswa terhadap hasil belajar PAB. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada SMAS Brigjend Katamso jumlah siswa kelas XI yang beragama Buddha sebanyak 26 siswa, laki-laki 10 siswa sedangkan siswa perempuannya 16 siswa. Pada SMAS Sultan Iskandar Muda siswa yang beragama Buddha sebanyak 21, laki-laki 10 siswa dan 11 siswa berjenis kelamin perempuan. Sampel diambil dengan cara Cluster random sampling. Tes hasil belajar terdiri dari 50 soal yang diuji cobakan dengan 40 butir soal yang valid memenuhi persyaratan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan ANAVA dua jalur yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas data dengan uji Liliefors dan uji homogenitas varians dengan uji F dan uji Tuckey. Hasil penelitian hipotesis menunjukkan bahwa (1) hasil belajar PAB menggunakan strategi pembelajaran Inkuiri Perempuan dibandingkan dengan hasil belajar PAB strategi pembelajaran diskoveri Perempuan menghasilkan nilai Fhitung 6,23 > Ftabel 3,17. (2) hasil belajar PAB Perempuan strategi pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar PAB Laki-laki strategi pembelajaran inkuiri Fhitung 0,8184 > Ftabel 0,290, (3) hasil belajar PAB Perempuan strategi pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar PAB Laki-laki strategi pembelajaran diskoveri Fhitung 0,647 > Ftabel 0,290. Dari data analisis dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri lebih unggul dari pada strategi pembelajaran diskoveri, sedangkan siswa berjenis kelamin perempuan lebih unggul dari pada siswa berjenis kelamin laki-laki
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.84 Ber p |
Keywords: | Hakikat belajar; Hasil belajar pendidikan; Strategi pembelajaran; Hakikat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20173 |