Wahyuni, Sri (2016) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA KECAMATAN UJUNG PADANG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 3122131009 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
02. NIM. 3122131009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
05. NIM. 3122131009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
04. NIM. 3122131009 LEMBAR KEASLIAN TULISAN blm.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
03. NIM. 3122131009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
06. NIM. 3122131009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
07. NIM. 3122131009 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08. NIM 3122131009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09. NIM. 3122131009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
10. NIM. 3122131009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
15. NIM. 3122131009 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
16. NIM. 3122131009 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran geografi di SMA Kecamatan Ujung Padang, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Kecamatan Ujung Padang, dan (3) Untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Kecamatan Ujung Padang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ujung Padang dan MAN Pematang Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA yang ada di Kecamatan Ujung Padang di kelas XI IPS sebanyak 153 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara Porposive simple yang terdiri dari 2 sekolah dengan siswa di kelas XI IPS sebanyak 64 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung dan observasi kemudian data penelitian dianalisis dengan cara analisis deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kompetensi pedagogik guru geografi di SMA Kecamatan Ujung Padang tahun ajaran 2015/2016 melalui APKG I (Perencanaan Pembelajaran) dan APKG II (Pelaksanaan Pembelajaran) termasuk kategori sedang sesuai jawaban dari 23 siswa dengan persentase 51,57%. (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Kecamatan Ujung Padang Tahun Ajaran 2015/2016 termasuk ke dalam kategori kurang yakni 33 siswa dengan persentase 51,57%. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan kompetensi pedagogik dengan hasil belajar sebesar kontribusi 17,30% dan dalam penguji hipotesis diperoleh (thitung =3,63 dan ttabel =0,166) dengan taraf signifikan 95% atau alpha 0,05 maka thitung > ttabel (3,63 > 0,166). Sehingga Ha diterima yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Kecamatan Ujung padang Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 096 |
Keywords: | Kompetensi Guru; Pedagogik; Wawasan Kependidikan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 07:57 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20168 |