Sari, Sulinda (2016) PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3111131007 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM. 3111131007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
NIM. 3111131007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
NIM. 3111131007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
NIM. 3111131007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
NIM. 3111131007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM. 3111131007 TABLES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
NIM. 3111131007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
NIM. 3111131007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
NIM. 3111131007 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
NIM. 3111131007 LEMBAR KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
NIM. 3111131007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar geografi siswa
kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 2015/2016.(2)
Pengaruh faktor eksternal (faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah,
dan faktor lingkungan masyarakat) siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Pantai
Cermin Tahun Ajaran 2015/2016.(3) Pengaruh yang positif dan signifikan antara
faktor eksternal dengan hasil belajar geografi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1
Pantai Cermin Tahun Ajaran 2015/ 2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pantai Cermin Kecamatan
Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI IIS yang ada di SMA Negeri 1 Pantai Cermin yang
berjumlah 66 siswa sekaligus menjadi sampel dalam penelitian.Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan
teknik studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar geografi yang
diperoleh siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran
2015/2016 dalam kategori rendah sebesar (15,15%). Hasil belajar geografi yang
diperoleh siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran
2015/2016 dalam kategori sedang sebesar (69,70%). Hasil belajar geografi yang
diperoleh siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran
2015/2016 dalam kategori tinggi sebesar (15,15%).(2) Sebagian besar (18,18%)
siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 2015/2016
memperoleh pengaruh faktor eksternal (faktor lingkungan keluarga, faktor
lingkungan sekolah dan faktor lingkungan masyarakat) dalam kategori rendah.
Sebagian besar (74,24%) siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Pantai Cermin
Tahun Ajaran 2015/2016 memperoleh pengaruh faktor eksternal (faktor
lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan
masyarakat) dalam kategori sedang. Sebagian kecil (7,58%) siswa kelas XI IIS di
SMA Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 2015/2016 memperoleh pengaruh
faktor eksternal (faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah, dan
faktor lingkungan masyarakat) dalam kategori tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan antara faktor eksternal dengan hasil belajar geografi siswa
kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran (6,1602>1,66901)
pada taraf signifikasi 0,05
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 074 |
Keywords: | Metode Mengajar; Karikulum; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 03:17 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20142 |