Annisa, Nur (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD NAMIRA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa menengah dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran Bahasa Inggris termasuk dalam kategori sangat layak (87,00%), (2) uji ahli desain pembelajaran dalam penilaian dengan kategori sangat layak (84,17%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kategori sangat layak (85,36%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak (88,04%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (95,65%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat layak (94,34%). Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media interaktif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebesar 5,15 sedangkan ttabel = 2,00 pada α=0,05 dengan dk 61. Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel, yaitu 5,15>2,00. Efektifitas penggunaan media interaktif dalam pembelajaran Kimia adalah sebesar 79,84% dan dikategorikan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.652 1 Ann p |
Keywords: | Pembelajaran bahasa inggris; Writing; Media pembelajaran; Macromedia flash; Multimedia ineraktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 03:03 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20139 |