Panjaitan, Ari Septini (2016) PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP N. 2 SIPAHUTAR SEMESTER GENAP T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.3123131007.Cover.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM.3123131007.Persetujuan Pembimbing.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
4. NIM.3123131007.Abstrak.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM.3123131007.Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM.3123131007.Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM.3123131007.Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM.3123131007.Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM.3123131007.Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM.3123131007.BAB I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
14. NIM.3123131007.BAB VI.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
15. NIM.3123131007.Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui keadaan faktor eksternal siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sipahutar dan (2) mengetahui ada pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor eksternal terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sipahutar Semester Genap T.A 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sipahutar, 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sipahutar Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 85 orang. Populasi dalam penelitian ini sekaligus dijadikan sebagai sampel (total sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keadaan faktor eksternal belajar (lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat) di SMP Negeri 2 Sipahutar sudah baik, dan lingkungan sekolah yang lebih tinggi pengaruhnya yaitu sebesar 3,02. Dan (2) terdapat pengaruh positif dan siginifikan antara faktor eksternal belajar siswa (lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat) terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 131 |
Keywords: | Lingkungan Keluarga;Cara Orang Tua Mendidik;Suasana Rumah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 06:29 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20111 |