Wahyu, Ningsih Ananing (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DAN KONTEKSTUAL DI SMK CITRA BANGSA AEK NABARA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. LEMBAR PENGASAHAN.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
8. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
12. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematik siswa antara yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing dan kontekstual, (2) perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa antara yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing dan kontekstual, (3) Aktivitas belajar siswa selama pembelajaran penemuan terbimbing dan kontekstual, (4) Proses jawaban siswa dalam menyelesaiakan masalah pada pembelajaran penemuan terbimbing dan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Citra Bangsa Al-Ittihad Aek Nabara sebanyak 60 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI (Sebelas) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2) melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan representasi matematis dan angket motivasi belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANACOVA. Sebelum digunakan uji ANACOVA terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dalam penelitian dan homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual, (2) Perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran penemuan terimbing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual, (3) Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan representasi matematik yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik dan bervariasi dibanding dengan siswa yang diberi pembelajaran kontekstual. (4) Aktivitas siswa terhadap pembelajaran penemuan terbimbing dan pembelajaran kontekstual dalam kategori aktif dengan persentase lebih dari 80%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 9 Wah p |
Keywords: | Pembelajaran penemuan terbimbing; Pembelajaran kontekstual; Kemampuan representasi matematik; Motivasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 07:35 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20084 |