Hutagalung, Yusnarti (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING MENGGUNAKAN AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126171044 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8126171044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
3. NIM. 8126171044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM. 8126171044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 8126171044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM. 8126171044 GRAPHIC LIST.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM. 8126171044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM. 8126171044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 8126171044 TABLE.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
10. NIM. 8126171044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
14. NIM. 8126171044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
15. NIM. 8126171044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan konvensional, (2) mengetahui adanya interaksi kemampuan awal dan pendekatan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa, dan (3) melihat proses jawaban siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph dan pendekatan konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Brigjend Katamso 2 Medan, dan sampelnya dipilih secara acak dengan VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-1 sebagai kelas kontrol yang masing- masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas 0,85 untuk tes kemampuan representasi dan 0,853 untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Penelitian ini menggunakan uji Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph lebih tinggi dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan konvensional, (2) tidak terdapat interaksi kemampuan awal dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa, dan (3) proses jawaban siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Hut p |
Keywords: | Pendekatan penemuan terbimbing; Kemampuan representasi; Pemecahan masalah matematika siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 07:07 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20080 |