Pandiangan, Rizki Noveri (2016) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU PETA KONSEP DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146176016 COVER RIZKYNOVERI.PDF - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM. 8146176016 LEMBAR PENGESAHAN RIZKY NOVERI.PDF - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM. 8146176016 ABSTRAK RIZKY NOVERI.PDF - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM. 8146176016 KATA PENGANTAR RIZKY NOVERI.PDF - Published Version
Download (106kB) | Preview
5. NIM. 8146176016 DAFTAR IS RIZKY NOVERII.PDF - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 8146176016 DAFTAR TABEL RIZKY NOVERI.PDF - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM. 8146176016 DAFTAR GAMBAR RIZKY NOVERI.PDF - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 8146176016 DAFTAR LAMPIRAN RIZKY NOVERI .PDF - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 8146176016 BAB I RIZKY NOVERI.PDF - Published Version
Download (151kB) | Preview
13. NIM. 8146176016 BAB V RIZKY NOVERI.PDF - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 8146176016 DAFTAR PUSTAKA RIZKY NOVERI.PDF - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : menganalisis apakah hasil kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model problem based learning berbantu peta konsep lebih baik daripada pembelajaran konvensional, menganalisis apakah hasil kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kreativitas rendah, menganalisis apakah ada interaksi antara model problem based learning berbantu peta konsep dengan kreativitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan semester II tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, yaitu sebanyak 2 kelas berjumlah 80 orang. Kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantu peta konsep terdiri atas 40 orang siswa, kelas X MIA-14 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional terdiri atas 40 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay kemampuan pemecahan masalah terdiri dari 5 soal dan tes kreativitas dalam bentuk essay terdiri dari 8 soal serta telah dinyatakan valid dan reliabel. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantu peta konsep lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki kreativitas rendah , dan terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning berbantu peta konsep dan pembelajaran konvensional dengan kreativitas dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Pan e |
Keywords: | Model problem based learning; Peta konsep; Konvensional; Kreativitas; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 03:06 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20056 |