Silalahi, Kasden (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146176007 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 8146176007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM. 8146176007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 8146176007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM. 8146176007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
6. NIM. 8146176007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. NIM. 8146176007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 8146176007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
9. NIM. 8146176007 BAB I.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM 8146176007 BAB V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
14. NIM. 8146176007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan:Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Scientific inquiry lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, hasil belajar siswa yang memiliki motivasi di atas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memilik motivasi siswa di bawah rata-rata, dan interaksi antara model pembelajaran Scientific inquiry dan motivasi terhadap hasil belaja siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Scientific Inquiry dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dan angket motivasi sebanyak 30 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Sientific Inquiry lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, hasil belajar pada kelompok siswa yang memiliki motivasi di atas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi dibawah rata-rata, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran Scientific Inquirydengan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa, motivasi meningkatkan hasil belajar siswa pada model pembelajaran Scientific Inquiry sedangkan model konvensional tidak berpengaruh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sil e |
Keywords: | Motivasi; Scientific inquiry; Hasil belajar; Model pembelajaran; Teori belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 03:01 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20054 |