Dari, Arita Wulan (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGAJARAN LARUTAN ASAM BASA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146142004_COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. NIM. 8146142004_LEMBAR PENGESAHAN,.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
3. NIM. 8146142004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8146142004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 8146142004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 8146142004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 8146142004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8146142004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8146142004_BAB I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13. NIM. 8146142004_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 8146142004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) buku ajar kimia yang dianalisis pada materi larutan asam basa memerlukan revisi atau tidak, (2) kelayakan bahan ajar kimia inovatif berbasis multimedia berdasarkan BSNP, (3) peningkatan hasil belajar siswa siswa dengan bahan ajar kimia inovatif (4) peningkatan motivasi belajar siswa dengan bahan ajar kimia inovatif, (5) efektivitas penggunaan bahan ajar inovatif berbasis multimedia terhadap hasil belajar kimia siswa. Jenis penelitian termasuk Research and Development. Populasi penelitian ini adalah buku ajar kimia SMA/MA kelas XI yang ada di sekolah tempat penelitian, semua guru kimia yang ada di kota Langsa, dan semua dosen program studi magister pendidikan kimia Universitas Negeri Medan. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposif sampling. Sampel dalam penelitian adalah empat buku ajar kimia SMA/MA kelas XI yang ada di sekolah tempat penelitian, 20 orang guru kimia dan 2 orang dosen program pascasarjana program studi magister pendidikan kimia UNIMED sebagai validator ahli. Hasil penelitian menunjukkan (1) buku kimia yang dianalisis memberikan hasil rata-rata berkisar antara 3,36-3,69 adalah cukup baik namun masih dapat kekurangan-kekurangan pada setiap buku sehingga perlu dilakukan pengembangan. (2) Hasil penilaian dosen dan guru kimia terhadap bahan ajar inovatif yang telah dikembangkan sebesar 4,76 dan 4,68 yang berarti sangat valid (sangat layak) dan tidak perlu revisi, serta hasil penilaian dosen terhadap multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan sebesar 4,80 adalah sangat valid (sangat layak) dan tidak perlu revisi, (3) peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar inovatif berbasis multimedia pada materi larutan asam basa lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan buku ajar pegangan siswadengan nilai thitung> ttabel (12,125>1,987), (4) motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar yang menggunakan bahan ajar inovatif berbasis multimedia pada materi larutan asam basa (R2=78,20%) lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar yang menggunakan buku ajar pegangan siswa pada materi larutan asam basa (R2=75,21%), (5) efektifitas penggunaan bahan ajar inovatif berbasis multimedia pada materi larutan asam basa menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa untuk siswa di SMAN 1 Langsa sebesar 64%, untuk siswa di SMAN 2 Langsa sebesar 72%, dan untuk siswa di SMAN 3 Langsa sebesar 65%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.240 712 Dar p |
Keywords: | Bahan ajar kimia; Multimedia; Hasil belajar; Larutan asam basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 04:42 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20023 |