Bangun, Nurasiah (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE READING INTEGRATED AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK KELAS V SDN064014 KECAMATAN MEDAN PETISAH. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8146182031 JUDUL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2 NIM. 8146182031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3 NIM. 8146182031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4 NIM. 8146182031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5 NIM. 8146182031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6 NIM. 8146182031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7 NIM. 8146182031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM. 8146182031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9 NIM. 8146182031 BAB I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
13 NIM. 8146182031 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14 NIM. 8146182031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pengembangan bahan ajar
membaca yang mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa. Sebuah
bahan ajar membaca yang baik hendaknya mampu meningkatkan minat baca siswa, memotivasi siswa untuk berpatisipasi secara aktifdalam pembelajaran, dan mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami isi bacaan. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan bahan ajar membaca berbasis kooperatif tipe kooperatif tipe Cooperative Reading Integrated and Composition (CIRC) dengan pengintegrasian pendidikan karakter.Tujuan yang hendaknya dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar membaca yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan(research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan dikumpul melalui angket respon guru dan siswadan wawancara dengan guru. Keefektifan dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa berupa penilaian karakter dan keterampilan
membaca siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.47 Ban p |
Keywords: | Bahan ajar; Hakikat membaca; Pendidikan karakter; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 08:41 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19697 |