EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN AJARAN 2015/2016

Narso (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146176012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146176012 COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146176012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146176012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146176012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146176012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146176012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146176012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146176012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146176012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146176012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146176012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146176012 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146176012 TABLES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146176012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146176012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146176012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146176012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146176012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146176012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146176012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146176012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET dengan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi yang rendah serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran inquiry training menggunakan media PhET dan model pembelajaran konvensional dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random class dimana setiap kelas memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Pada kelas pertama diterapkan model pembelajaran inquiry training dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Variabel dalam penelitian ini yaitu : (1) variabel bebas yaitu model pembelajaran inquiry training, (2) variabel moderator yaitu motivasi siswa dan (3) variabel terikat yaitu keterampilan proses sains siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa adalah tes essay yang terdiri dari 10 pertanyaan dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui motivasi siswa adalah tes angket yang terdiri dari 25 pertanyaan dan kedua instrumen ini dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : keterampilan proses sains siswa yang diberikan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional dan keterampilan proses sains siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki motivasi rendah serta terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan motivasi terhadap keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Nar e
Keywords: Inquiry training; Motivasi; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Sep 2016 02:14
Last Modified: 20 Sep 2016 02:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19634

Actions (login required)

View Item
View Item