EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MTS

Cibro, Nurul Ain A.K. (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MTS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM. 8146175024-COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM. 8146175024-COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 8146175024-LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 8146175024-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM. 8146175024-ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM. 8146175024-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM.8146175024-KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM.8146175024-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM.8146175024-DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM.8146175024-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM.8146175024-DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6.NIM.8146175024-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM.8146175024-DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7.NIM.8146175024-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM.8146175024-DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8.NIM.8146175024-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM.8146175024-BAB 1.pdf]
Preview
Text
9.NIM.8146175024-BAB 1.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM.8146175024-Bab 5.pdf]
Preview
Text
13.NIM.8146175024-Bab 5.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM.8146175024-DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.NIM.8146175024-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran inquiry training dan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif di atas rata–rata dan di bawah rata-rata, dan interaksi model pembelajaran inquiry training dan kemampuan berpikir kreatif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain two group pretest-postest design. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Washliyah Medan Krio. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini menggunakan keterampilan proses sains dalam bentuk unjuk kerja dan tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk tes uraian serta telah dinyatakan valid dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif di atas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif di bawah rata-rata, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan kemampuan berpikir kreatif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Cib e
Keywords: Inquiry training; Berpikir kreatif; Keterampilan proses sains; Sistem sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2016 03:32
Last Modified: 15 Sep 2016 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19549

Actions (login required)

View Item
View Item