Cibro, Nurul Ain A.K. (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MTS. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM. 8146175024-COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2.NIM. 8146175024-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3.NIM. 8146175024-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4.NIM.8146175024-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5.NIM.8146175024-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6.NIM.8146175024-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7.NIM.8146175024-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8.NIM.8146175024-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9.NIM.8146175024-BAB 1.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13.NIM.8146175024-Bab 5.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14.NIM.8146175024-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran inquiry training dan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif di atas rata–rata dan di bawah rata-rata, dan interaksi model pembelajaran inquiry training dan kemampuan berpikir kreatif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain two group pretest-postest design. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Washliyah Medan Krio. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini menggunakan keterampilan proses sains dalam bentuk unjuk kerja dan tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk tes uraian serta telah dinyatakan valid dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif di atas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif di bawah rata-rata, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan kemampuan berpikir kreatif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Cib e |
Keywords: | Inquiry training; Berpikir kreatif; Keterampilan proses sains; Sistem sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 03:32 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19549 |