PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBERIKAN KRITIK PADA ARTIKEL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sari, Desi Kurnia (2016) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBERIKAN KRITIK PADA ARTIKEL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 2123311019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2123311019 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2123311019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2123311019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2123311019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2123311019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2123311019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2123311019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2123311019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2123311019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2123311019 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2123311019 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2123311019 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2123311019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2123311019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2123311019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2123311019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2123311019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2123311019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2123311019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
Quantum Teaching terhadap kemampuan memberikan kritik pada artikel siswa
kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian ini berjumlah 375 siswa. Dari 375 siswa tersebut, ditetapkan
sampel sebanyak 39 siswa yang diambil menggunakan Purposive sampel. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen One group pre-test posttest
design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.
Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan memberikan kritik
pada artikel siswa sebelum menggunakan model Quantum Teaching tergolong
dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah
63,90, sedangkan kemampuan memberikan kritik pada artikel siswa setelah
menggunakan model Quantum Teaching tergolong baik dengan rata-rata (mean)
yang diperoleh siswa 77,20. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan
dan 6,61 2,045 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian berarti H0
ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model Quantum Teaching terhadap
kemampuan memberikan kritik pada artikel siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung
Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan hasil pembelajaran
memberikan kritik pada artikel siswa setelah menggunakan model Quantum
Teaching lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model
Quantum Teaching, dan proses pembelajaran setelah menggunakan model
Quantum Teaching berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam
memberikan kritik pada artikel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 064
Keywords: Model Quantum Teaching; Kritik Artikel; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Sep 2016 03:27
Last Modified: 14 Sep 2016 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19533

Actions (login required)

View Item
View Item