Aritonang, Roulina Ningsih (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2122111019 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 2122111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
3. NIM. 2122111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 2122111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 2122111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 2122111019 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 2122111019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 2122111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
12. NIM. 2122111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 2122111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian in bertujuan untuk menggambarkan pengaruh Model Pembeljaran Explicit Instruction Terhadapa Kemampuan Membandingkan Teks Laporan Hasil Observasi dengan Teks Deskripsi Oleh Siswa Kelas X SMA N 2 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni menggunakan teknik one-group pre-test design. Adapun jumlah siswa yang dijadikan sampel sebanyak 30 siswa.Dari hasil penelitian disimpulkan, kemampuan membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks deskripsi sesudah menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas X SMA N 2 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 adalah baik. Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model Explicit Instruction memiliki rata-rata 49,06 dengan standar deviasi 12,86 sementara sesudah menggunakan model Explicit Instruction 70,26 dengan standar deviasi sebesar 11,10
Dari data di atas bahwa model pembelajaran Explicit Instruction berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks deskripsi. Hal ini terbukti dari hasil Setelah t0 diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk= N-1 = 30-1 = 29 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Berdasarkan nilai t0 dan ttabel di atas, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel yakni 13,09 > 2,04 . Dengan demikian hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa model Explicit Instruction berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan siswa membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks deskripsi. Untuk itu perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatakan pemmbelajaran membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks deskripsi dengan menerapakan model Explicit Instruction, karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatakan kemampuan siswa dalam membandingkan teks laporan hasil observasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 138 |
Keywords: | Model Explicit Instruction; Laporan ; Observasi dengan Teks Deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 01:56 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19517 |