PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MENCARI PASANGAN ( MAKE A MATCH) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII MTS AL-WASHLIYAH SEI KEPAYANG PEKAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Tanjung, Armila Nazdi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MENCARI PASANGAN ( MAKE A MATCH) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII MTS AL-WASHLIYAH SEI KEPAYANG PEKAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2113311008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2113311008 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2113311008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2113311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2113311008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2113311008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2113311008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2113311008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2113311008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2113311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2113311008 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2113311008 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2113311008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2113311008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2113311008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2113311008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2113311008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2113311008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2113311008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2113311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) terhadap kemampuan menulis pantun. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII MTs AL- Washliyah Sei Kepayang Pekan dengan populasi 63 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas VII-A sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah 31 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test and post-test. Tes penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) terhadap kemampuan menulis pantun.
Kemampuan menulis pantun sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) memperoleh nilai rata-rata 61,77 ( berada pada kategori cukup), sedangkan kemampuan menulis pantun sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) memperoleh nilai rata-rata 81,45 (berada pada kategori baik).
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan Uji “t” menunjukkan thitung(9,50) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII MTs AL- Washliyah Sei Kepayang Pekan TahunPembelajaran 2015/2016.Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis pantun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 097
Keywords: Model Pembelajaran; Tipe Mencari Pasangan; Menulis Pantun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Sep 2016 01:37
Last Modified: 14 Sep 2016 01:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19514

Actions (login required)

View Item
View Item