Tanjung, Armila Nazdi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MENCARI PASANGAN ( MAKE A MATCH) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII MTS AL-WASHLIYAH SEI KEPAYANG PEKAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2113311008 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 2113311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
3. NIM 2113311008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM 2113311008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 2113311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 2113311008 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 2113311008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 2113311008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
12. NIM 2113311008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM 2113311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) terhadap kemampuan menulis pantun. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII MTs AL- Washliyah Sei Kepayang Pekan dengan populasi 63 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas VII-A sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah 31 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test and post-test. Tes penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) terhadap kemampuan menulis pantun.
Kemampuan menulis pantun sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) memperoleh nilai rata-rata 61,77 ( berada pada kategori cukup), sedangkan kemampuan menulis pantun sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) memperoleh nilai rata-rata 81,45 (berada pada kategori baik).
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan Uji “t” menunjukkan thitung(9,50) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII MTs AL- Washliyah Sei Kepayang Pekan TahunPembelajaran 2015/2016.Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis pantun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 097 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Tipe Mencari Pasangan; Menulis Pantun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 01:37 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19514 |