Simatupang,, Janwar Sahputra (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.-NIM.-2123111033-COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2.-NIM.-2123111033.-APPROVAL-SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3.-NIM.-2123111033-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4.-NIM.-2123111033-PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5.-NIM.-2123111033.-TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6.-NIM.-2123111033.-TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7.-NIM.-2123111033.-APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8.-NIM.-2123111033.-PICTURES.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9.-NIM.-2123111033.-CHAPTER-I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13.-NIM.-2123111033.-CHAPTER-V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14.-NIM.-2123111033.-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model
pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan
menulis artikel ilmiah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
SMA Negeri 15 Medan dengan jumlah 451 siswa. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 34 siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data
adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil pre-test dan post-test.
Adapun nilai rata-rata = 64,41, standar deviasi = 8,36 dan termasuk dalam
kategori sangat baik 0%, kategori baik 26,4%, kategori cukup 64,7%, kategori
kurang 8,9%, dan kategori sangat kurang 0%. Sedangkan nilai rata-rata post-test =
76,88, standar deviasi = 7,59 dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 12%,
kategori baik sebanyak 76%, kategori cukup sebanyak 12%, kategori kurang
sebanyak 0%, dan kategori sangat kurang sebanyak 0%.
Dari hasil uji data pre-test dan post-test yang diperoleh siswa merupakan
data yang berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat dari uji normalitas hasil pretest,
yaitu Lhitung < Ltabel (0,1134 < 0,151) dan uji normalitas hasil post-test , yaitu
Lhitung < Ltabel (0,0853 < 0,151). Dari uji homogenitas juga terbukti bahwa sampel
dalam penelitian ini berasal dari populasi yang homogen, yaitu Fhitung < Ftabel yakni
1,11 < 1,80. Dan dari pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh to > ttabel (6,46
> 2,04) telah membuktikan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bukti yang empirik
bahwa model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)
berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah di
SMA Negeri 15 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 088 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Menulis; Menulis Artikel Ilmiah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 09:03 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19508 |