Chaerrani, Tengku Syarifah Ulfa (2016) PENGARUH MODEL LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA EKSTENSIF BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123311085 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 2123311085 PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
3. NIM 2123311085 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
4. NIM 2123311085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM 2123311085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. NIM 2123311085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM 2123311085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 2123311085 BAB I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
12. NIM 2123311085 BAB V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
13. NIM 2123311085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Start With A Question (LSQ) terhadap kemampuan membaca ekstensif berita oleh siswa kelas VIII SMP Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Harapan Stabat yang berjumlah 149 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi seluruh kelas VIII SMP Harapan Stabat, diperoleh sampel yaitu kelas VIII-2. Metode penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilakukan pada satu kelas saja. Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: rata-rata pre-test sebesar 62,93 dengan standar deviasi 10,98, sedangkan rata-rata post-test sebesar 79,9 dengan standar deviasi 92,4. Hasil perhitungan uji normalitas: data pre-test diperoleh harga Lhitung = -0,115067 dan Ltabel=0,161. Ternyata
(-0,115067 0,161). Hal ini menunjukkan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Data post-test diperoleh harga Lhitung = -0115067 dan Ltabel =0,161. Ternyata (-0,115067 0,161). Hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data dilakukan uji F. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,306 sedangkan Ftabel = 1,84 untuk = 0,05, dk= 30orang. Ternyata, Fhitung Ftabel yakni 1,306 1,84. Hal ini membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 6,2, sedangkan ttabel = 2,045. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,2 2,045. Hal ini membuktikan bahwa model learning start with a question berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca ekstensif berita oleh siswa kelas VIII SMP Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2015/ 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 075 |
Keywords: | Model learning start with a question; Membaca Ekstensif Berita. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 08:31 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19505 |