Manurung, Novita Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 2123311057 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
03 NM 2123311057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
04 NIM 2123311057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
05 NIM 2123311057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
06 NIM 2123311057 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
07 NIM 2123311057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM 2123311057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
09 NIM 2123311057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
13 NIM 2123311057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14 NM 2123311057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model
pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan memahami teks berita.
Sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-E SMP Negeri 6
Medan yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data
adalah tes objektif atau pilihan ganda. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test dan Post-Test
Design. Berdasarkan pengolahan data yang didapat dari hasil penelitian diperoleh
nilai rata-rata pre-test adalah 64,91. Sedangkan nilai rata-rata post-test adalah
77,59. Dari hasil uji data pre-test dan post-test siswa diperoleh data yang
berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat dari uji normalitas hasil pre-test Lhitung <
Ltabel yaitu 0,13 < 0,147 dan uji normalitas hasil post-test Lhitung < Ltabel yaitu
0,1031< 0,147. Dari uji homogenitas juga terbukti bahwa sampel dalam penelitian
ini berasal dari populasi yang homogen Fhitung < Ftabel yakni 1,24 < 1,78. Dan dari
pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh to > ttabel yaitu 4,8 > 2,02 telah
membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat
disimpulkan model pembelajaran cooperative script terbukti memberikan
pengaruh terhadap kemampuan memahami teks berita pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 6 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 065 |
Keywords: | Kemampuan Memahami; Memahami Teks Berita; Model Pembelajaran Cooperative Script. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 07:54 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19502 |