Silaban,, Putri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO-STAY TWO-STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSURUNSUR INTRINSIK CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 2123311063 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
02 NIM 2123311063 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
03 NIM 2123311063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
04 NIM 2123311063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
05 NIM 2123311063 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
06 NIM 2123311063 Daftar TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07 NIM 2123311079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
08 NIM 2123311063 BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
12 NIM 2123311063 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13 NIM 2123311063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu (two stay two stray) terhadap
kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 15 Medan dengan
jumlah 451 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas XI.
Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan
pengolahan data diperoleh hasil pre-test dan post-test. Adapun nilai rata-rata =
63,94, standar deviasi = 8,59 dan termasuk dalam kategori sangat baik 0%,
kategori baik 25,71%, kategori cukup 62,85%, kategori kurang 11,42%, dan
kategori sangat kurang 0%. Sedangkan nilai rata-rata post-test = 76,91, standar
deviasi = 7,53 dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 20%, kategori baik
sebanyak 63%, kategori cukup sebanyak 17,2%, kategori kurang sebanyak 0%,
dan kategori sangat kurang sebanyak 0%.
Dari hasil uji data pre-test dan post-test yang diperoleh siswa merupakan data
yang berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat dari uji normalitas hasil pre-test,
yaitu Lhitung < Ltabel (0,1332 < 0,149) dan uji normalitas hasil post-test , yaitu Lhitung
< Ltabel (0,1265 < 0,149). Dari uji homogenitas juga terbukti bahwa sampel dalam
penelitian ini berasal dari populasi yang homogen, yaitu Fhitung < Ftabel yakni 1,406
< 2,71. Dan dari pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh to > ttabel (6,65 >
2,03) telah membuktikan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bukti yang empirik
bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay
Two Stray) berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan
mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen di SMA Negeri 15 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 066 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Dua Tinggal Dua Tamu; Unsur-unsur intrinsi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 07:49 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19501 |