Chairiyah (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI LISTEN-READ-DISCUSS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 2123311012 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2.NIM 2123311012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3.NIM 2123311012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4.NIM 2123311012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5.NIM 2123311012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6.NIM 2123311012 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7.NIM 2123311012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8.NIM 2123311012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9.NIM 2123311012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13.NIM 2123311012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14.NIM 2123311012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan memahami teks
cerpen sebelum menggunakan strategi Listen-Read-Discuss oleh siswa kelas VII
SMP Negeri 3 Perbaungan; (2) mengetahui kemampuan memahami teks cerpen
setelah menggunakan strategi Listen-Read-Discuss oleh siswa kelas VII SMP
Negeri 3 Perbaungan; (3) mengetahui keefektifan penggunaan strategi Listen-
Read-Discuss dalam pembelajaran membaca pemahaman teks cerpen oleh siswa
kelas VII SMP Negeri 3 Perbaungan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 240
orang yang terdiri dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42
orang yang diambil dengan teknik random sampling. Metode dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design.
Instrumen yang digunakan adalah tes essai.
Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 64,52, standar
deviasi = 7,54, dan termasuk kategori baik sebanyak 17 orang atau 40,47%,
kategori cukup sebanyak 22 orang atau 52,38%, kategori kurang sebanyak 3 orang
atau 7,14%. Nilai rata-rata post-test = 77,97, standar deviasi = 7,54, dan termasuk
kategori sangat baik sebanyak 15 orang atau 35,7%, kategori baik sebanyak 22
orang atau 52,3%, kategori cukup sebanyak 5 orang atau 11,9%. Berdasarkan uji
normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan dalam distribusi normal.
Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari
populasi yang homogenitas. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to
sebesar 7,81 dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 42-1 = 41
diperoleh nilai ttabel 2,02. Hasil tersebut menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 7,81 >
2,02 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan
yang signifikan atas penggunaan Strategi Listen-Read-Discuss dalam
Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Cerpen pada Siswa Kelas VII SMP
Negeri 3 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 069 |
Keywords: | Membaca; Cerpen; LRD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 02:24 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19492 |