Sinulingga, Decy Handayani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMK SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123311016 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 2123311016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. NIM 2123311016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM 2123311016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM 2123311016 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM 2123311016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 2123311016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
12. NIM 2123311016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM 2123311016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Swasta Harapan Stabat tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X SMK Swasta Harapan Stabat sebanyak 460 orang dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas X-2 AK sebanyak 30 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks anekdot. Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre-test) adalah 64,83, standar deviasi 9,78, dan standar error 1,81 sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan adalah 79, standar deviasi 8,30, dan standar error 1,54. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis teks anekdot setelah menggunakan model pembelajaran penemuan (discovery learning) lebih tinggi daripada nilai sebelum menggunakan model pembelajaran penemuan (discovery learning). Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis thitung = 5,97 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% = 1,67. Karena thitung = 5,97 > ttabel = 1,67 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran penemuan (discovery learning) mempengaruhi kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Swasta Harapan Stabat tahun pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-216 IND 081 |
Keywords: | Model Pembelajaran Penemuan; Menulis; Teks Anekdot |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 05:09 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 05:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19486 |