Fauzi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR, KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 BENDAHARA ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174012_COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8146174012_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3. NIM. 8146174012_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8146174012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 8146174012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 8146174012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8146174012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8146174012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 8146174012_BAB I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM. 8146174012_BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 8146174012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) hasil belajar siswa; (2) kepedulian siswa terhadap lingkungan; (3) keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian ini termasuk Quasi Experimental design dengan desain penelitian pretest and protest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bendahara tahun pelajaran 2015/2016 terdiri dari 1 kelas unggulan dan 3 kelas regular. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X reguler sebanyak 3 kelas dengan perlakuan kelas X2 (PjBL), X3 (PBL) dan X4 (Konvensional) dengan jumlah 90 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini ditentukan oleh peneliti dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria tertentu (Purposive Sampling). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar menggunakan analisis kovarians (Anacova), kepedulian terhadap lingkungan menggunakan angket dan keterampilan proses sains siswa tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan berbasis masalah terhadap: (1) hasil belajar (Fhitung = 16,46; P = 0,000); (2) kepedulian terhadap lingkungan (Fhitung = 16,67; P = 0,000); dan (3) keterampilan proses sains (Fhitung = 20,92; P = 0,000). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek nilai hasil belajar, kepedulian terhadap lingkungan dan keterampilan proses sains siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran berbasis masalah dan konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.950 712 Fau p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek; Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar; Kepedulian terhadap lingkungan; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 04:11 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19475 |