Lubis, Shofia (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PORTOFOLIO PADA PERKULIAHAN MIKROBIOLOGI TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
NIM. 8146174040 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
NIM. 8146174040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
NIM. 8146174040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
NIM. 8146174040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
NIM. 8146174040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
NIM. 8146174040 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
NIM. 8146174040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
NIM. 8146174040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
NIM. 8146174040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
NIM. 8146174040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
NIM. 8146174040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penilaian berbasis porto-folio efektif terhadap kemandirian dan hasil belajar mahasiswa pada praktikum mikrobiologi. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan two group pretest-postest design yang dilaksanakan di Program studi Biologi, Universitas Negeri Medan. Sampel ditentukan secara acak, diperoleh kelas Nondik A 2013 sebagai kelas eksperimen, kelas Nondik B 2013 sebagai kelas kontrol. Variabel terikat yaitu kemandirian dan hasil belajar sementara variabel bebasnya adalah penilaian berbasis portofolio di kelas eksperimen dan penilaian tertulis di kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes esai hasil belajar dan instrumen non tes angket kemandirian belajar. Analisis data menggunakan independen sampel t-test dengan bantuan program SPSS statistics 21. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa kelas eksperimen (skor 81) lebih besar daripada kelas kontrol (skor 76) dimana thitung=3,105 dengan =0,05 dan p<0,05. Hal ini berarti bahwa mahasiswa yang dinilai dengan penilaian portofolio lebih mandiri dalam belajar daripada mahasiswa yang dinilai dengan penilaian tertulis. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen sebesar 86 dan kelas kontrol sebesar 80. Hasil perhitungan independen sampel t-test, diperoleh thitung=2,861 dengan =5% dan p<0,05, hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa dengan penilaian portofolio lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa dengan penilaian tertulis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penilaian portofolio efektif terhadap kemandirian dan hasil belajar mahasiswa pada praktikum mikrobiologi, prodi biologi, Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 579.071 1 Lub e |
Keywords: | Penilaian portofolio; Mikrobiologi; Kemandirian belajar; Hasil belajar; Tes esai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 03:09 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19472 |