PENINGKATAN KEMAMPUAN KERUANGAN DAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN GEOGEBRA DI SMA NEGERI 19 MEDAN

Malau, Tuti Mariani (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KERUANGAN DAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN GEOGEBRA DI SMA NEGERI 19 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8146172069 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8146172069 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8146172069 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8146172069 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8146172069 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8146172069 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8146172069 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8146172069 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8146172069 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8146172069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8146172069 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8146172069 TABLES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8146172069 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8146172069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8146172069 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8146172069 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8146172069 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8146172069 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8146172069 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8146172069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan keruangan siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri berbantuan GeoGebra lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri tanpa berbantuan GeoGebra, (2) Peningkatan percaya diri siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri berbantuan GeoGebra lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri tanpa berbantuan GeoGebra, (3) Proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan kemampuan keruangan siswa pada pembelajaran Inkuiri berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada pembelajaran pembelajaran Inkuiri tanpa berbantuan GeoGebra, (4) Aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inkuiri berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada pembelajaran Inkuiri tanpa berbantuan GeoGebra. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 19 Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas berjumlah 81 orang. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan pembelajaran Inkuiri berbantuan GeoGebra dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan pembelajaran Inkuiri tanpa berbantuan GeoGebra. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan keruangan, skala percaya diri siswa, lembar jawaban dan lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,61 dan 0,90 berturut-turut untuk kemampuan keruangan dan percaya diri. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA) dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan keruangan siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri berbantuan GeoGebra lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri tanpa berbantuan GeoGebra. Hal ini terlihat dari hasil anakova untuk Fhitung = 15,525 lebih besar Ftabel 3,96 (2) Peningkatan percaya diri siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri berbantuan GeoGebra lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri berbantuan GeoGebra. Hal ini terlihat dari nilai Asymp Sig. (two tailed) adalah 0,000 < 0,05. (3) Proses Penyelesaian jawaban siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri berbantuan GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran Inkuiri tanpa berbantuan GeoGebra (4) Aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inkuiri berbantuan GeoGebra cenderung lebih aktif dari pada pembelajaran Inkuiri tanpa berbantuan GeoGebra.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Mal p
Keywords: Pembelajaran inkuiri; Geogebra; Kemampuan keruangan; Percaya diri; Proses jawaban siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2016 03:01
Last Modified: 13 Sep 2016 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19471

Actions (login required)

View Item
View Item