Manurung, Ruly Mediana (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS HASIL WAWANCARA KE DALAM BENTUK PARAGRAF OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123111069_COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 2123111069_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
3. NIM. 2123111069_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 2123111069_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
5. NIM. 2123111069_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 2123111069_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 2123111069_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 2123111069_BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
12. NIM. 2123111069_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 2123111069_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode student team achievement division (stad) terhadap kemampuan menulis teks hasil wawancara ke dalam bentuk paragraf narasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige sebanyak 300 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 30 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks hasil wawancara ke dalam bentuk paragraf narasi . Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre-test) adalah 63,4, standar deviasi 9,54, dan standar error 1,77 sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan adalah 80, standar deviasi 10, dan standar error 1,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis teks hasil wawancara ke dalam bentuk paragraf narasi setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung =6,48 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5%= 2,04. Karena thitung = 6, 48 > ttabel = 2,044 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa metode student team achievement division (stad) mempengaruhi kemampuan menulis teks hasil wawancara ke dalam bentuk paragraf narasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 099 |
Keywords: | Menulis; Teks Hasil Wawancara; Bentuk Paragraf Narasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 08:02 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19434 |