Purba, Rexona (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA BERDASARKAN TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIMANINDO KABUPATEN SAMOSIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_NIM 2123111064_COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
02_NIM 2123111064_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
03_NIM 2123111064_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
04_NIM 2123111064_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
05_NIM 2123111064_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
06_NIM 2123111064_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
07_NIM 2123111064_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08_NIM 2123111064_BAB I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
12_NIM 2123111064_BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13_NIM 2123111064_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis naskah drama berdasarkan teks cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simanindo Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simanindo Kabupaten Samosir sebanyak 185 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 30 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis naskah drama berdasarkan cerpen Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre-test) adalah 66,03, standar deviasi 9,25, dan standar error 1,71 sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan adalah 78, standar deviasi 9,45, dan standar error 1,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis naskah drama berdasarkan cerpen setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung =4,90 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5%= 2,04. Karena thitung = 4,90 > ttabel = 2,04 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) mempengaruhi kemampuan menulis naskah drama berdasarkan cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simanindo Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 098 |
Keywords: | Mind Mapping; Menulis Naskah Drama;Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 07:47 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19433 |