Marbun, Aprina (2016) PENGARUH MODEL PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RANGKUMAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.2123111003. COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2.NIM.2123111003.APPROVAL.SHEET.pdf - Published Version
Download (830kB) | Preview
3.NIM.2123111003.ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4.NIM.2123111003.PREFACE.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5.NIM.2123111003.TABEL.OF.CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6.NIM.2123111003.TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7.NIM.2123111003.APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8.-NIM.-2123111003.-CHAPTER-I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
12.NIM.2123111003.CHAPTER.V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
13.NIM.2123111003.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan
model peta pikiran terhadap kemampuan menulis rangkuman oleh siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasinya
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar Tahun
Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 418 orang. Sampel penelitian diambil
sebanyak 35 orang.
Dari pengolahan data, diperoleh hasil pre-test dengan nilai rata-rata = 65,8 dan
standard deviasi = 8,4. Nilai tersebut tergolong dalam kategori baik, cukup dan
kurang yakni 48,6% untuk kategori baik, 40% untuk kategori cukup dan 11,4%
untuk kategori kurang. Hasil post-test dengan rata-rata = 80,4 dan standard deviasi
= 9,2. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat baik, baik, dan cukup, yakni
22,9% untuk kategori sangat baik, 65,7% untuk kategori baik dan 11,4% untuk
kategori cukup. Dari uji normalitas data hasil kelas pre-test dan post-test,
menunjukkan bahwa kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas, dapat
disimpulkan bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen.
Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh to sebesar 8,43. Selanjutnya to
diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5%
dengan df=N-1=35-1=34 dari df =35 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03, karena
to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 8,43 > 2,03, maka hipotesis diterima.
Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model peta pikiran (Mind Mapping)
berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis rangkuman oleh siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 110 |
Keywords: | Peta Pikiran;Menulis :Rangkuman. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 07:11 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19428 |