Tanjung, Yulia Tiara (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP SWASTA MAJU BESITANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171090 COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 8146171090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM 8146171090 ABSTARK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 8146171090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 8146171090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM 8146171090 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM 8146171090 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM 8146171090 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 8146171090 BAB I YULIA TIARA.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
13. NIM 8146171090 BAB V YULIA TIARA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM 8146171090 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk melihat efektivitasnya. Perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif disebarkan ke forum MGMP untuk digunakan saat mempelajari materi lingkaran. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Swasta Maju Besitang. Uji coba I di kelas VIII SMP Swasta Maju Besitang dan uji coba II di kelas VIII SMP Islamiah P.Susu. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP dengan skor 4,26, Buku Siswa dengan skor 4,50, LKS dengan skor 4,38; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis, dilihat dari aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa; (4) persentase peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada uji coba I adalah 15,63% dan pada uji coba 2 18,20 %; dan (4) rata-rata peningkatan disposisi matematis siswa pada uji coba 1 adalah 1,93 poin dan pada uji coba 2 adalah 1,26 poin. Berdasarkan kategori, terdapat peningkatan pada kategori sangat tinggi dan rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Tan p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Pendekatan scientific; Kemampuan komunikasi matematis; Disposisi matematis siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 01:56 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19390 |