Ghofur, Abdul (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICITINSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AUTOCAL PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNOLOGI GAMBAR BANGUNAN DI SMK I LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509 111 001 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 509 111 001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (709kB) | Preview
3. NIM. 509 111 001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 509 111 001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM. 509 111 001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. NIM. 509 111 001 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 509 111 001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 509 111 001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 509 111 001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
13. NIM. 509 111 001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM. 509 111 001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Apakah dengan diterapkannya Model Pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan belajar siswa pada mata pelajaran AutoCAD? (2) Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar AutoCAD dengan penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas XI Program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2014/2015.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa/ siswi kelas XI Program keahlian teknik gambar bangunan SMK 1 Lubuk Pakam sebanyak 33 orang. Data penelitian diambil dari tes unjuk kerja siswa dan lembar pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat pada dua siklus pembelajaran yang berlangsung di kelas. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I i yaitu 78.54 % menjadi 89.32% pada siklus II. Dan peningkatan hasil belajar Siklus I yaitu 80 % menjadi 93% pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dapat 1) meningkatkan aktivitas belajar AutoCAD 2) meningkatkan hasil belajar AutoCAD. Pada mata pelajaran AutoCAD pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/ 2015.  
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Gho p |
Keywords: | Autocad; Explicit Instruction; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 10:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19328 |