Surbakti., Jhon Hendri (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DASAR KOMPETENSI KEJURUAN MEMAHAMI BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BINJAI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103311015 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 5103311015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
3. NIM. 5103311015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4. NIM. 5103311015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM. 5103311015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM. 5103311015 TABLES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM. 5103311015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. NIM. 5103311015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM. 5103311015 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
13. NIM. 5103311015 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
14. NIM. 5103311015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran Dasar Komptensi Kejuruan Memahami Bahan Bangunan melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Binjai semester ganjil Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 42 orang. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus pembelajaran dimana siklus pertama mempelajari tentang pengertian, jenis dan sifat kayu sebagai bahan bangunan dan siklus kedua mempelajari tentang penggolongan, kegunaan, dan sistem struktur kayu sebagai bahan bangunan. Hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I dari 35 soal diperoleh 30 soal yang valid dan dari data valid, uji tingkat kesukaran didapat 3 soal mudah, 23 soal sedang dan 4 soal sukar, uji daya beda didapat 8 soal baik,16 soal cukup dan 6 soal kurang baik, uji reliabilitas diperoleh 0,876 (sangat tinggi). Pada siklus II dari 35 soal diperoleh 31 soal valid dan dari data, valid uji tingkat kesukaran didapat 4 soal mudah, 20 soal sedang, dan 7 soal sukar, uji daya beda didapat 7 soal sangat baik, 10 soal baik, 9 soal cukup, dan 5 soal kurang baik, uji reliabilitas diperoleh 0,928 (sangat tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 80 sekurang-kurangnya 80 % di pada kelas dengan baik dalam pembelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Memahami Bahan Bangunan. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I siswa yang mendapat nilai minimal 80 sebanyak 19 siswa atau 45,24% sedangkan aktivitas belajar didapat76,19 % di akhir siklus I. Hasil tersebut belum memuaskan dan belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu perlu dilakukan siklus II, dan hasil evaluasi pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai minimal 80 sebanyak 36 orang sedangkan aktivitas belajar didapat 88,09% di akhir siklus II. Disimpulkan dari hasil penelitian di atas dan pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa Penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan memahami bahan bangunan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 694. 107 19 Sur p |
Keywords: | Mind Mapping, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH6014 Environmental engineering of buildings. Sanitary engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 11:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19327 |