Siregar, Franciska Febriani (2015) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103111013 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 5103111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (970kB) | Preview
3. NIM. 5103111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
4. NIM. 5103111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
5. NIM. 5103111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM. 5103111013 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 5103111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 5103111013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM. 5103111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (758kB) | Preview
13. NIM. 5103111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM. 5103111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar Ilmu Bangunan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2014/2015.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian two grup pre-tes dan pos-tes. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan sebanyak 64 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu X TGB-B sebagai kelas eksperimen dan X TGB-A sebagai kelas kontrol yang diambil secara total sampling dan masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan tes objektif sebanyak 32 butir soal, yang mana sebelumnya tes ini ada 40 butir soal, akan tetapi setelah diujicobakan pada kelas lain di luar sampel penelitian untuk melihat kesahian tes, terdapat 32 butir soal yang memenuhi analisis instrument tes dengan reliabilitas soal sebesar 0,816. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan, diketahui bahwa data pre-tes dan pos-tes dari kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan secara nyata untuk kedua model pembelajaran tersebut sebelum diberi perlakuan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti kemampuan awal kedua kelas sama dimana berdasarkan hasil pengujian hipotesis ANAVA satu jalan untuk pre-tes diperoleh bahwa Fhitung = 0,02 < Ftabel = 3,996, maka H0 : μ_1 = μ_2 diterima dalam taraf nyata 0,05 (2) penggunaan model Quantum Teaching memberi pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar Ilmu Bangunan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2014/2015 dimana berdasarkan hasil pengujian hipotesis ANAVA satu jalan untuk post-tes Fhitung > Ftabel dalam taraf nyata 0,05, dilanjutkan dengan uji-t diperoleh bahwa thitung = 4,631 > ttabel = 1,670, maka Ha diterima dan H0 ditolak (3) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Quantum Teaching lebih tinggi yakni 69,56% dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Konvensional yakni 52,27%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 691 071 9 Sir p |
Keywords: | Model Quantum Teaching, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH3301 Maintenance and repair |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 11:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19325 |