Lumbantoruan Benget S (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN SMK NEGERI 1 LINTONGNIHUTA TAHUN AJARAN 2014/2015. SKRIPSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
5103311004 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5103311004 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (767kB) | Preview
5103311004 ABSRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
5103311004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5103311004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5103311004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5103311004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5103311004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5103311004 BAB I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
5103311021 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5103311004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh yang berbeda dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dan besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lintongnihuta semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Prosedur perlakuan dikemas ke dalam RPP. Dimana perlakuan pada kelas eksperimen KBB-1 menggunakan model pembelajaran mind mapping sedangkan pada kels kontrol KBB-2 menggunakan pembelajaran konvensional materi mempelajari jenis-jenis kayu, sifat dan karateristik sebagai bahan bangunan. Untuk memproleh data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan tes objektif sebanyak 30 soal, yang mana sebelumnya tes ini ada 40 soal, akan tetapi setelah diujicobakan pada kelas XI di luar sampel penelitian untuk melihat kesahian tes, terdapat 30 soal yang memenuhi analisis instrument tes dengan reliabilitas soal sebesar 0.9308. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan, diketahui bahwa data pre-tes dan post-tes dari kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) penggunaan model mind mapping memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar ilmu bahan bangunan pada siswa kelas X Progran Keahlian Kontruksi Batu Beton di SMK Negeri 1 Lintongnihuta Tahun Ajaran 2014/2015 dimana berdasarkan hasil pengujian hipotesis anava satu jalan untuk post-tes Fhitung = 50,948 > Ftabel = 4,008. 2) penggunaan model pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensioanal, yang dilanjutkan ke uji-t diperoleh thitung = 7,138 > ttabel = 1,689.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 691 071 9 Lum p |
Keywords: | mind mapping, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH6014 Environmental engineering of buildings. Sanitary engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 09:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19324 |