God, Mathews King (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR TEKNIK PENGGUNAAN ALAT-ALAT UKUR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS X SMK MUSDA PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
5103121020 COVER.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5103121020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (875kB) | Preview
5103121020 ABSTRAK & ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5103121020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5103121020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5103121020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5103121020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5103121020 BAB I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
5103121020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5103121020 BAB V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5103121020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini diajukan karena rendahnya hasil belajar pada kompetensi dasar teknik penggunaan alat-alat ukur dimana dari 44 siswa yang dinyatakan tuntas (KKM ≥ 70) 23 siswa atau sekitar 52% dan 21 siswa lagi dinyatakan tidak tuntas atau sekitar 48%. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada kompetisi dasar teknik penggunaan alat-alat ukur. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MP SMK MUSDA Perbaungan, yang mana terdiri atas 39 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Tindakan Peneletian Kelas (PTK), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), yang mana dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah untuk menemukan apakah penerapan TAI bisa secara signifikan Meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar teknik menggunakan alat-alat ukur. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan postes dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata siswa 41,41 dengan jumlah persentase ketuntasan klasikal 15%. Pada siklus I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) diperoleh nilai rata-rata siswa 70,25 dengan persentase ketuntasan klasikal 74% dan persentase aktifitas belajar siswa 68%. Meski sudah mengalami peningkatan namun kelas belum dapat dinyatakan tuntas secara klasikal (siswa yang tuntas ≥ 80%) oleh karena itu dilanjutkan dengan siklus II dengan mempertimbangkan hasil refleksi pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 75,12 dengan persentase ketuntasan klasikal 85% dan persentase aktifitas belajar siswa 77%. Pada siklus II kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal. Dengan itu dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MP SMK MUSDA Perbaungan pada kompetisi dasar teknik penggunaan alat-alat ukur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.280 719 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI); Hasil Belajar Kompetensi Dasar Teknik Penggunaan Alat-Alat Ukur. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19314 |