Tarigan, Christine Ulina (2014) ANALISIS PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN PENGETAHUAN KOSMETIKA KECANTIKAN DENGAN MENERAPKAN STRATEGI BELAJAR MANDIRI PADA SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 LUBUKPAKAM TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
A. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
B. SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
C. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
D. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
E. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
I. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
G. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
H. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
J. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
O. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
F. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
N. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektivitas pemanfaatan modul pembelajaran Pengetahuan Kosmetika Kecantikan pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubukpakam; (2) Mengetahui pengaruh penerapan strategi belajar mandiri pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubukpakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menerapkan strategi belajar mandiri. Populasi seluruh siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubukpakam yang terdiri dari 28 orang siswa. Sampel penelitian ditentukan secara acak sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket analisis kebutuhan, angket penilaian ahli materi dan disain, serta angket analisis respon siswa. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi, satu ahli desain dan 28 siswa. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan kualitatif. Hasil penilaian modul pembelajaran oleh ahli materi pembelajaran yaitu 95,8%, ahli disain modul pembelajaran 94.4%, dan uji lapangan berada pada kriteria baik yaitu 87.79%. Setelah menggunakan modul pembelajaran, terjadi peningkatan hasil belajar yang dibuktikan dengan diatas 90% siswa telah memenuhi standar KKM yaitu ≥ 7,55. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk menggunakan modul pembelajaran pada pengetahuan kosmetika kecantikan dalam upaya meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.720 719 Tar a |
Keywords: | Belajar Mandiri; Kosmetika Kecantikan; Modul Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19275 |