Sitorus, Virgo (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATERI POKOK SISTEM TRANSMISI XI TKR SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERYATAAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction dengan model pembelajaran problem posing pada materi pokok sistem transmisi XI TKR di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi, dikarenakan kurang maksimalnya guru dalam melibatkan siswa secara aktif dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi selama kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Model Pembelajaran Problem Posing. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI TKR yang terbagi atas 4 kelas. Jumlah sampel yaitu 82 siswa diambil secara random yang terdiri dari dua kelas, kelas XI TKR 1diajar dengan Explicit Instruction dan kelas XI TKR 2 diajar dengan Problem Posing. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan analisis data, (mean ± SD) yang diajar dengan Explicit Instruction yaitu (82,926 ±10,060) dan yang diajar dengan Problem Posing (mean ± SD) yaitu (70,121±10,982). Adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan tersebut, dibuktikan melalui uji hipotesis dengan uji-t dan taraf signifikan α = 0,05 dan diperoleh thitung > ttabel (5,550 > 1,994). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan Explicit Instruction lebih baik dan efektif dibandingkan dengan Problem Posing pada materi pokok sistem transmisi XI TKR SMK negeri 2 tebing tinggi tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.244 071 9 Sit p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Problem Posing; Pokok Sistem Transmisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19233 |