Purba, Evan (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEMBACA GAMBAR TEKNIK PADA MATERI POKOK MENENTUKAN GAMBAR PANDANGAN ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI KELAS XI SMK NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
BAB I .pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
BAB V .pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Membaca Gambar Teknik kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI (Sebelas) Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Pematang Siantar yang terdiri dari 3 (tiga) kelas, yang masing masing kelas memiliki jumlah 36 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dan untuk kelompok perlakuan dipilih dengan cara mengundi secara acak yaitu kelompok perlakuan dengan strategi pembelajaran Kontekstual sebanyak 36 orang dan kelompok perlakuan dengan strategi pembelajaran Ekspositori sebanyak 36 orang. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan tes hasil belajar Membaca Gambar Teknik, dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t satu pihak pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil belajar Membaca Gambar Teknik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Kontekstual adalah 76,79 dengan kecenderungan tinggi dan rata-rata hasil belajar Membaca Gambar Teknik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori adalah 68,35 dengan kecenderungan cukup. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar Membaca Gambar Teknik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Kontekstual adalah berdistribusi normal dimana LHitung 0,0953 < LTabel 0,1477 dan data hasil belajar Membaca Gambar Teknik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori adalah berdistribusi normal dimana LHitung 0,1252 < LTabel 0,1477 dan kedua varians data adalah Homogen karena Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Membaca Gambar Teknik kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Kontekstual lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan nilai tHitung 3,80 > tTabel 1,69.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.807 19 Pur p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Kontekstual; Ekspositori; Hasil Belajar; Membaca; Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19229 |