Nitami, Dita Dwi (2014) HUBUNGAN PENGUASAAN DASAR SENI DAN DESAIN DENGAN HASIL KARYA HIASAN BUSANA PESTA MALAM PADA SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 509443002 JUDUL.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. 509443002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
3. 509443002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. 509443002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. 509443002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. 509443002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. 509443002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. 509443002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. 509443002 BAB I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
13. 509443002 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. 509443002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecenderungan penguasaan dasar seni dan desain, mengetahui tingkat kecenderungan hasil karya hiasan pada busana pesta malam, dan mengetahui apakah terdapat hubungan antara penguasaan dasar seni dan desain dengan hasil karya hiasan pada busana pesta malam pada kelas XI Busana Butik SMK 10 Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember 2013. Lokasi penelitian di SMK Negeri 10 Medan.Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian busana butik SMK Negeri 10 Medan tahun ajaran 2013/2014 sebanyak satu kelas dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling, sehingga sampel penelitian sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif korelasional. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar pengamatan. Tes digunakan untuk mengumpul data penguasaan dasar seni dan desain (X) sedangkan lembar pengamatan digunakan untuk mengumpul data hasil karya hiasan busana pesta malam (Y).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penguasaan dasar seni dan desain pada siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri 10 Medan cenderung tinggi dimana jumlah siswa pada kategori tinggi dan cukup yaitu 60% lebih besar dibandingkan jumlah siswa yang berada pada kategori kurang dan rendah yaitu 40%. Hal ini diperjelas dimana MXhitung (16,53) > MXideal (15) sedangkan tingkat hasil pengamatan karya hiasan busana pesta malam yang dilakukan siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri 10 Medan cenderung tinggi dimana jumlah siswa pada kategori tinggi dan cukup yaitu 77% lebih besar dibandingkan jumlah siswa yang berada pada kategori kurang dan rendah yaitu 23%. Hal ini diperjelas dimana MXhitung (25,59) > MXideal (22,5). Untuk uji normalitas data menggunakan rumus chi-kuadrat pada taraf signifikan 5% dengan dk=5, diperoleh variabel penguasaan dasar seni dan desain berdistribusi nomal, karena 2hitung < 2tabel (9,9 < 11,1) dan variabel hasil karya hiasan busana pesta malam berdistribusi normal, karena 2hitung < 2tabel (3,85 < 11,1). Sedangkan uji linieritas dan uji keberartian persamaan regresi, untuk persamaan regresi Y atas X diperoleh persamaan Y = 14,57 + 0,667X mempunyai hubungan yang linier pada taraf signifikan 5% karena untuk uji linier Fhitung < Ftabel (3,084 < 3,70) dan koefisien arah regresi Y atas X adalah berarti karena Fhitung > Ftabel (581,7 > 4,20).Hasil analisis korelasi diperoleh rxy sebesar 0,976 sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N=30 sebesar 0,361. Dengan demikian rxy > rtabel (0,976 > 0,361). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan dasar seni dan desain dengan hasil karya hiasan busana pesta malam pada siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 746.4 Nit h |
Keywords: | Hasil Karya; Busana Pesta Malam; Penguasaan; Seni; Desain |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19224 |